Selasa, 05 Mei 2009

Social Networking as a New Wave Marketing


Promosi Via Jejaring Sosial Lebih Efektif
oleh fjr pada 04-05-2009
SOLO(Joglosemar): Bermunculannya jejaring sosial di internet akhir-akhir ini menjadi media yang sangat efektif untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk. Bahkan, beberapa perusahaan sudah memanfaatkan keberadaan salah satu jejaring sosial, yaitu Facebook untuk memmpromosikan produknya.
Wing Wahyu Winarno, mengatakan perkembangan internet semakin lama kian semakin maju. Hal ini ditandai dengan kemunculan berbagai situs jejaring sosial. Di mana masing-masing jejaring sosial itu memiliki ciri khas sendiri-sendiri di antara Friendster, Facebook, dan Socient.
Dengan memanfaatkan kekaring ini semua orang yang mengakses bisa melakukan chatting, up load foto, mengundang teman, dan manfaat lainnya. “Karena memiliki kelebihan dibandingkan jejaring lainnya, kini Facebook mengalami perkembangan yang luar biasa,” ujar Wing yang menjadi pembicaran pada seminar yang bertema “Social Networking as New Wave Marketing” di STIE Surakarta, Sabtu (2/5).
Ia menambahkan, perkembangan Facebook yang cukup pesat tidak bisa lepas dari kesuksesan kampanye Barack Obama menjadi Presiden Amerikan Serikat. Karena, Obama dalam menggalang massa memanfaatkan situs jejarin ini. “Jumlah anggota Facebook milik Obama sebanyak 400 ribu. Sedangkan, Hillary hanya mempunyai anggota Facebook sekitar 30 ribu,” sebut Win yang juga dosen ekonomi STIE YKPN Yogyakarta.
Selain itu promosi yang dilakukan melalui Facebook, dijelaskan Wing, tujuannya sangat jelas. “Seumpama produk itu diperuntukkan bagi wanita, tinggal ngeadd semua anggota Facebook yang berjenis kelamin wanita. Begitupun sebaliknya bagi produk pria,” terang dia.
Malahan, dengan Facebook, promosi yang diusung oleh perusahaan bisa menjangkau semua wilayah. (fjr)